Bertukar Kebaikan Melalui Couchsurfing : Bagian Pertama.

Ada yang tau Couchsurfing? *keluar dari alang alang*

Jadi, sebenernya gue tau website itu dari sebuah majalah remaja, pas awal-awal SMA. Gue baca artikel cara menghemat biaya traveling,  khususnya akomodasi pake situs tersebut. Ya karena gue kepo dan ga mau ketinggalan jaman, yha, maka gue bikin lah akun couchsurfing gue. Gue saat itu gaada plan buat jalan-jalan, cuma ya sekedar pengen tau aja sih, gimana cara mereka kerja. Gitu aja. Jujur pas awal-awal gue lumayan parno sih buat ngehost atau request stay.

Sampai pada akhirnya gue rasa, trust issue gue terhadap strangers itu meningkat drastis, setelah ke Lombok. Gue gak sungkan-sungkan lagi ngasih bantuan ke orang-orang dan bahkan minta bantuan ke mereka pas gue mau bepergian.

Jujur, awalnya salah satu alasan gue kenapa mulai aktif di couchsurfing adalah, untuk memperlancar bahasa inggris gue yang amburadul. Karena dari kecil gue anaknya ga betahan buat ikut les bahasa inggris, maka, untuk menambah kemampuan conversation gue menggunakan media duolingo, dan couchsurfing. Kedua, untuk nambah relasi, bahkan keluarga angkat dari penjuru dunia. Bisa nginep gratis? Itu bonus! 😀

Sebenernya gue udah pernah coba-coba sih sebelum mulai nge-host atau jadi traveler, tapi sekedar ngasih arahan dan panduan wisata aja buat kawan-kawan yang mau mengunjungi Bandung/Jakarta.

Long story short, pada suatu liburan gue berencana buat keliling Sumatra (I’ll post about this journey, soon!) sendiri yang startnya dari Sumatra Barat, tepatnya Kota Padang. Saat itu, gue modal nekat aja dengan budget pas-pasan.

Pas tiket udah issued, gue lupa satu hal.

Gue bakal tidur di mana, lo kata di emperan? Gak mungkin juga.

Terus gue inget kalau punya akun couchsurfing yang nganggur dan bangkotan. Gue install aplikasinya di henpon gue.

yak kurang lebih kayak gini

Oke. It’s my first time being a traveler with couchsurfing. Dengan beraninya, gue ngerequest stay ke Bang Ikhlas (Muhammad Ikhlas Al Kutsi di atas) berdasarkan feeling gue. Gak tau, perasaan gue enak aja pas mau request stay ke beliau. Akhirnya beliau respon dan kami pun melanjutkan percakapan di WA, gue jelasin lah tujuan gue dan kedatangan gue di Padang tanggal berapa.

Setelah beliau tau kapan tanggal kedatangan gue, ternyata beliau berhalangan karena ada kerjaan di luar kota sehingga gue gak bisa nginep di rumahnya :”(

Gak lama, akhirnya beliau mengabari kalau gue bisa stay di tempat kawan perempuannya dan dibuatkan grup whatsapp…

36932

SUMPAH GUE MEWEK :(((((((((((( baik banget :((((((((

Setelah ngobrol panjang, akhirnya gue dikenalin ke Kak Linda, kakak yang ngehost gue selama di Kota Padang… Gue belum tau muka Kak Linda kayak gimana saat itu. Cuma berbekal satu, gue percaya kalau Allah bakal nemuin gue sama orang baik. Itu aja. Hati gue tenang aja, gak ada was-was sama sekali… dengan jelas mereka sabar banget ngadepin gue yang kepo dan dikasih tau jelas apa yang harus gue lakukan setelah sampai bandara untuk menuju lokasi stay. LENGKAP! Huaaa #mewekpart2

Insting gue gak pernah salah, and say hi to Kak Lindaaa!

36933

Untuk urusan keliling kota, ternyata Bang Ikhlas menghubungkan gue dengan satu teman lainnya, Bang Delly!

36934

Lalu gue diajak keliling kota Padang. Kurang bersyukur apa? Gue betah dan suka banget suasana Padang :”D apalagi kalau menjelang sore..

Saat itu itinerary pertama gue adalah Padang-Bukittinggi-Payakumbuh-Padang-Medan-Banda Aceh, tapi di tengah jalan berubah. Sehingga gue sempet menjanjikan ke mereka kalau mau balik ke Padang lagi huhuhu ternyata gak jadi. :” sehingga pada akhirnya sampai sekarang gue belum pernah ketemu langsung sama Bang Ikhlas, tapi merasakan kebaikannya dari jauh aaah terharu :”””

Selama dihost, banyak banget perbedaannya kalau misal gue nginep di hotel, gue lebih nyampur sama kehidupan masyarakat asli daerah, makanan yang biasa mereka makan, dan belajar budaya langsung. Selain itu, tentunya gue pun sebagai muslim, bersilaturahmi sama saudara seiman (cieeee) 😀

Terima kasih, Bang Ikhlas, Bang Delly, dan Kak Linda.

Kind peoples still existed, don’t worry guys. This world not too cruel :”D

Vannisa Rindita

[UPDATE]

Oke karena ada beberapa temen yang nanya ke gue, kayak, “gimana sih biar dipercaya strangers di Couchsurfing?”. Jujur, gue belum berpengalaman amat di kancah per CS an ini, tapi gue coba jawab ya, sesuai dengan pengalaman gue kemarin.

Cerita di atas merupakan pengalaman pertama gue request stay di Couchsurfing, so, gue nggak punya references dari orang sama sekali (ya sekarang pun masih sedikit sih) .

Nah untuk meyakini para strangers bahwa kalian bener-bener orang yang bisa dipercaya, pertama. lengkapin profil kalian di page couchsurfing selengkap-lengkapnya.

Kedua, saat request stay, lo bisa kirim pesan kan, jelasin tujuan lo apa ke kota tujuan, lo berasal dari mana, status lo (mahasiswa/karyawan, bukan single/taken). Kalau bisa agar kasih ruang mereka untuk ‘verifikasi’ identitas kita, boleh sekalian ngasih username instagram, sejelas-jelasnya jangan bohong deh dan abu-abu. Udah itu jelasin kalau niat kita emang buat nambah keluarga. Intinya, baik-baik dan jujur.

Untuk sebaliknya, ketika kita mau memastikan apakah calon host kita orang bener-bener dan bukan identitas fake, gue biasanya searching nama si calon host sebelum request stay. Bisa di facebook, instagram, atau sekalian googling! Jadi gue bisa kepoin mereka di medsos apakah mereka orang baik-baik atau orang aring~

Kalau gak mau susah, liat aja ‘references’-nya orang itu, apakah ada tanggapan baik dari host/travelers nggak? Kalau misalnya seburuk apapun gue masih apes, berarti emang takdir gue, gitu aja sih simple. Allahuallam bishawaab lah intinya, serahin semuanya sama Tuhan, niscaya Ia yang akan memberikanmu jalan yang terbaik menurut-Nya. #AZEG

Selamat CS-CSan!

Leave a Reply

